Tentang Rasa Trauma dan Fobia

source here Terinspirasi dengan tulisannya Kresnoadi yang ini membahas tentang trauma. Aku lupa di umur berapa dan kapan kejadianny...

Tentang Rasa Trauma dan Fobia
source here

Terinspirasi dengan tulisannya Kresnoadi yang ini membahas tentang trauma.

Aku lupa di umur berapa dan kapan kejadiannya karena memang sudah lama banget jadi takut sama yang namanya tokek. Denger namanya aja udah merinding dan pengen tutup kuping apalagi kalau jenis hewan itu ada tepat di muka aku. Duh rasanya pengen lari terus ngumpet! Perpaduan antara trauma dan fobia ini kadang terlihat berlebihan juga 'mungkin' tapi mau gimana lagi soalnya takut banget. Maklum lah ya hehehe.

Kayaknya nih rasa trauma dan fobia ini nggak bisa di hilangin karena udah melekat banget takutnya sampai kebangetan. Tapi aku pernah juga ngilangin fobia sama tokek tapi tetep nggak ada perubahan sama sekali jadi yang ada rasa fobianya makin bertambah.

Awal ceritanya begini..

Waktu itu aku mau tidur di kamar sama keponakan terus lampu kamarnya sengaja di matikan karena sudah biasa ketika tidur lampunya di matikan. Terus pas mau tidur banget eh ada suara hewan kejepit sama tangan aku, aku kira itu cicak ternyata emaknya cicak alias tokek lumayan gede sih. Nggak tahu datangnya dari mana hewan itu tiba-tiba aja udah ada di kamar dan tepat banget letaknya di bantal. Mungkin kejadian pada waktu itu lebih serem dari hantu valak kali ya (padahal mah belum nonton film the conjuring 2 hahaha).

Langsung terbirit-birit lari ke ruang tengah di ikutin sama keponakan aku juga. Dari kejadian itu anggota keluarga yang sudah tidur malah kebangun gara-gara aku teriak ketakutan dan bangunin mamah buat usir itu tokek dari kamar. Beneran deh dari sejak itu sampai sekarang kalau denger suara tokek atau denger namanya aja merinding dan tutup kuping.  Tapi anehnya sama kecoa aku malah nggak takut kalaupun ada kecoa aku malah mainin kumisnya (maaf mungkin ini agak jahat). Nulis ini aja sambil liat-liat ke dinding dan bawah meja kerja takutnya tiba-tiba ada tokek gitu kan serem tuh.

Gimana iya caranya ngilangin rasa trauma atau fobia aku itu yang takut sama tokek? Minimal aku nggak takut lagi deh denger suaranya gitu tapi kalau di suruh liat secara langsung aku mendingan milih pegang kecoa aja deh daripada tokek :(

Masih katanya nih, tokek itu kalau di jual sama orang yang lagi membutuhkan harganya mahal ya? Sedikit kepo juga emang orang yang membeli tokek itu buat apa sih mau di pelihara atau mau di apain ya, soalnya di rumah tante aku ada tokek mungkin udah gede sering banget tuh muncul suaranya yang khas ‘ngeee..tokek..tok..tok..tokeeeek’.

Kalau kamu ngilangin rasa trauma atau fobia kaya gimana sih, boleh yuk berbagi tips atau share di kolom komentar?! Aku tunggu ya :)

You Might Also Like

28 komentar

  1. Gak punya fobia, jadi gak bisa kasih tips.

    Tapi takut ama kecoa terbang. Normal ya kayaknya mah toh kecoa emg lebih serem kalo pas terbang.

    BalasHapus
  2. Aku juga serem si mbak kalo liat tokek, tapi ya gak sampe tahap phobia kayanya, kalo liat juga masih biasa aja, kecuali tokeknya mendekat baru panik. hahaha :D

    BalasHapus
  3. Wonderful blog! I love and i follow your blog, please follow me too
    http://alamodenatine.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. kalau menurut info yang saya baca sih dengan hipnosis/hipnotherapy.. mungkin dengan rileks juga akan membantu mba. hhe

    BalasHapus
  5. duh.
    ini gimana solusinya ya..
    repot juga :(
    ah au ah

    BalasHapus
  6. Wah itu sih salah mba sendiri tokek lagi enak-enak tidur malah di tidurin, untung saja gak gigit :D kalau untuk solusi sih saya tidak tahu tapi ngomongin masalah tokek bener gak sih tokek itu tidak pernah bersuara 10 kali berturut-turut ?

    BalasHapus
  7. aku klo denger toket bunyi tu dulu suka ditakut2in orang katanya bakal ada yang ninggal hiiiiy

    BalasHapus
    Balasan
    1. jyaaaaaaaahhhh typo wid, maksudku tokek huhu

      Hapus
  8. Padahal tokek dibandingkan kamu kan gedean kamu kenapa harus takut. Tokek juga gak mungkin nelen kamu. Eh... nasib orang siapa yang tahu ya...
    Hahahaha... *Bercanda

    BalasHapus
  9. Aku malah sampe sekarang gak bisa bener-bener ngilangin fobia, karena fobiaku takut ketinggian. Pelan-pelan berkurang sih karena sekolah di gedung bertingkat

    BalasHapus
  10. I don't have any phobias, but I dislike insects, like most girls.

    xo
    www.carinavardie.com
    https://www.youtube.com/c/CarinaVardie

    BalasHapus
  11. Coba cari tau informasi sekitar manfaat atau keunikan si tokek, banyak kok sumbernya di internet. Biasanya kalo dah tau manfaat dan keunikannya, pasti bisa bantu sedikit mengurangi trauma

    BalasHapus
  12. Itu serem banget wid. Bisa sampe ada di bantal gitu
    Kalo aku phobia sama capung hahahaa. Sampe skrg aku gatau gimana ngilangin phobia itu

    Iya, tokek bisa dijual. Setau aku sih untuk obat kulit wid.

    BalasHapus
  13. Kalo aku takut kecoa apalagi kalo ada di kamar mandi. makin disiram makin datangin kaki.. Bisa lari keluar kamar mandi sambil jejeritan :D

    BalasHapus
  14. gue punya saran, coba semua nada di ponsel kamu ganti paki suara toke, mulai dari alrm dlll, terus kamu pelihara tokek, siapa tahu juga dapat untung gede, atau paling tidak kamu harus punya satu buaya tokek, itu semua agar kau terus terbiasa.... kalau guee phobia warna ungu, eh phobia gak sih, cuma gak suka gitu, aneh lah pokoknya

    BalasHapus
  15. Haduuuuuu >.< aku malah baru tahu kalo ternyata kecoak punya kumis, segera dilamar, ganteng kan kecoaknya..
    ^,^

    BalasHapus
  16. Suara toke mah indah. Yang gak indah mah suara perut bunyi pas lagi ngobrolin EURO 2016 ama ayahnya gebetan.

    Mending fobia toke mah, daripada saya, Fobia cinta-berhasil.

    BalasHapus
  17. Thank you yang udah ngasih tips dan sarannya maaf nggak bisa balas satu-satu. Tapi makasih banyak udah mau berkunjung dan ngasih tips dan sarannya aku terima dengan baik. Selamat bertemu dan postingan berikutnya dan insha alloh aku akan berkunjung balik ke blog kalian masing-masing, tungguin aja :)

    Have a nice day guys ^_^ muaaaah

    BalasHapus
  18. I've never had a gheko, but I am not afraid of them. I am glad that the phobia is being worked on.

    Raindrops of Sapphire

    BalasHapus
  19. saran apa ya.. soalnya kalo aku sih, kalo udah pobia udah bodo amat. gak mau mikirin lagi entah it cara ngilanginnya atau apa. lupain aja gitu hehe..

    btw, kecoa itu sumpah jijik. tapi kamu malah asik mainin kumisnya. NICE

    and FYI, valak itu cakep kok. cuma dia gak tau cara make up aja. hahaha

    BalasHapus
  20. sebenarnya cara ampuh buat ngatasi phobia itu sendiri dengan cara ya menghadapi phobia itu

    BalasHapus
  21. Coba pegang deh badan tokek/cicaknya XD
    Ekstrim sih tapi dulu waktu SD aku juga pernah takut cicak tapi semenjak pernah pegang cicak jadi gak takut lagi. Hahaha. Meskipun geli-geli gitu kayak ager....

    BalasHapus
  22. Aku males sih ngobatin trauma. Karena belom tentu ngefek loh. Jadi ya biarin aja lah. Selagi gak ganggu :p

    BalasHapus
  23. Phobia ketinggian yg berlebihan sih, terutama kayak gedung2 tinggi. Kalau di Gunung malah gak ada masalah.

    BalasHapus
  24. Biasanya tokek buat obat, tapi sepertinya nggak semua jenis tokek loh. Berarti antara phobia sama trauma itu beda tipis ya....

    BalasHapus
  25. Tropophobia, itu sesuatu yang menakutkan

    BalasHapus
  26. KISAH NYATA: IBU DARYUTI DARI TANJUNG PINANG

    Assalamu'Alaikum" Wr'Wb...
    Perkenalkan Nama saya Ibu Daryuti, asal Desa Teluk Bintan,Tanjung Pinang,
    saya menjadi tulang punggung Keluarga sejak suami saya meninggal,
    saya bekerja tanpa lelah untuk menghidupi 4 orang anak sejak di tinggal
    mati sang suami 5 thn yg lalu, sejak itu keputusasaan menghampiri sy,
    dan hampir meninggalkan ke 4 anak saya krn sy sdh tidak sanggup dengan
    kemiskinan yang sy alami dulu. Namun stelah menjelang beberapa hari datanglah
    tetangga sy dan menceritakan perubahan hidup yang dia alami,
    dia mempunyai banyak uang tanpa harus bekerja keras..
    dan dia bercerita tentang orang yang membantunya bernama KH.Fhatulla Harun,
    konon beliu bisa memberikan solusi masalah kemiskinan sperti yg sy alami ini..
    dan dengan tekat yang bulat sy minta nomor KH.Fhatulla Harun,
    ketika sy telpon pak haji, dan menceritakan permasalahan hidup saya.
    dan beliu brsedia membantu sy untuk kluar dari lumbung kemiskinan,
    sy sangat snang skali mendengarnya,, kemudian sy langsung mengiyakan
    segala syarat2 yg di pak haji sampaikan, 2 hari kemudian saya sudah merasakan keajaiban nyata
    terjadi di rumah saya, lemari tua yang ada di pojok kamar saya sudah
    penuh dengan lembaran uang pecahan ratusan ribu sy kaget terus pingsan,
    saat saya sadar uang itu betul2 nyata masih ada dalam lemari,
    syukur allhamdulillah saya ucapkan..Berkat campur tangan pak haji
    saya sudah punya banyak uang dan tidak akan perna habis sampai
    7 keturunan, Semua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN.
    Yang diberikan KH.Fhatulla Harun benar2 nyataSemua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN. dan ISLAMI serta tidak musyrik,
    Saya sangat berterima kasih kepada KH.Fhatulla Harun yg sudah bantu saya dan
    jadi member pak haji hingga kini, saya juga berjanji tidak lupa dgn kewajiban
    saya untuk slalu shalat dan menyubang di masjid dan panti asuhan.

    Untuk sanak saudara seiman dan setanah air yang ingin cepat kaya..
    jangan ragu untuk mengikuti ajaran KH.Fhatulla Harun krn ini pesugihan putih
    yang islami. dan persugian KH.Fhatulla Harun bisa di ikuti semua agama..
    dan anda pasti akan dibantu apapun yang ingin anda minta.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.untuk lebih jelasnya Hubungi Nomor Beliau.085-217-085-317
    ATau Kunjungi Situs Beliau Klik=>> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semoga Jadi Pemenang Berikutnya, AMin . Wassalam.Kesaksian Kisah Nyata 2017

    BalasHapus