Putus Cinta? Jangan Risau

Setiap pasangan pasti menginginkan hubungan asmara mereka awet dan langgeng, dan putus cinta menjadi hal yang paling dihindari. Bahkan tidak...

Setiap pasangan pasti menginginkan hubungan asmara mereka awet dan langgeng, dan putus cinta menjadi hal yang paling dihindari. Bahkan tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa putus cinta adalah kejadian hidup paling buruk yang menimpa dirinya.

Patah hati yang dirasakan setelah putus cinta dapat membuat hidup seseorang menjadi kacau bahkan menurut penelitian, penolakan dari mantan kekasih dapat mengaktifkan bagian di otak yang berhubungan dengan rasa sakit secara fisik. Lalu bagaimana cara mengatasi patah hati secara tepat setelah mengalami putus cinta? Berikut adalah cara-cara mengatasi patah hati pasca cinta menurut pakar percintaan, seperti dirangkun Future Scopes.

Putus Cinta? Jangan Risau

  1. Belajar Menerima, semakin besar rasa kehilangan yang Anda rasakan, maka akan semakin besar pula rasa duka yang Anda rasakan. Maka itu, ketahuilah tahapan yang akan Anda lalui seperti kaget, penolakan, kemarahan, dan depresi serta cara mengelola hal-hal tersebut. Bagaimana Anda mengelola hal-hal tersebut akan menentukan bagaimana Anda bisa lolos ke tahap akhir penerimaan.
  2. Jangan Memendam Perasaan Sendiri, jangan berpura-pura bahwa Anda baik-baik saja padahal sebenarnya tidak. Hal tersebut akan menghilangkan dukungan penting dari orang-orang terdekat Anda karena mereka berpikir bahwa Anda tidak butuh dukungan mereka. Jangan memendam perasaan Anda karena itu hanya membuat rasa sakit yang ada menjadi semakin dalam.
  3. Tidak Perlu Mencoba Kembali ke Mantan, jangan "menghalalkan" segala cara agar mantan Anda mau kembali, hanya karena perasaan sakit hati yang mendalam. Rasa sedih dan kehilangan adalah bagaian kehidupan yang perlu Anda pelajari dan lalui.
  4. Beraktivitas, menyibukkan diri sendiri untuk meringankan rasa sedih adalah cara yang baik, namun melakukannya secara berlebihan untuk menghindari rasa sakit bukanlah hal yang benar. Jika Anda terlalu menyibukkan diri dalam pekerjaan, keluar setiap malam atau melakukan hal lain yang tidak baik bagi diri Anda demi merasa lebih baik maka Anda hanya mencoba untuk lari dari kenyataan.
  5. Jangan Buru-buru Mencari Pacar Baru, jangan memulai hubungan asmara aru sebelum Anda benar-benar melupakan kesedihan yang dirasakan dari hubungan yang terakhir. Jika tidak, maka hubungan yang baru hanya akan menghancurkan hidup Anda.
  6. Tunjukkan Emosi, hal paling penting selama proses penyembuhan patah hati adalah berekspresi dan menunjukan emosi Anda. Biarkan diri Anda merasakan apapun dan mencari cara untuk mengatasinya.
  7. Introspeksi Diri, saat pasca putus cinta adalah saat yang tepat untuk melakukan introspeksi diri dan lebih menghargai diri sendiri. Pelajarilah kesalahan yang dilakukan dalam hubungan yang telah berakhir dan ciptakanlah diri Anda yang baru.
  8. Memaafkan, memaafkan diri Anda sendiri atas kesalahan yang telah dilakukan dalam hubungan yang telah berakhir. Bangunlah kembali harga diri dan kepercayaan Anda setelah penolakan yang dialami.
  9. Stop Menghubunginya, hentikan hubungan dengan mantan kekasih jika hal tersebut membuat Anda merasa putus asa atau merasakan sakit yang lebih dalam. Hal tersebut dapat menyebabkan Anda semakin terpuruk dan sedih.
  10. Tidak Perlu Manampung Semua Saran, saat pasca putus cinta adalah saat yang tepat untuk menerima saran dari orang-orang terdekat, tapi tidak perlu semua sarang Anda aplikasikan. Sesuaikan dengan yang Anda butuhkan, jika Anda menampung seluruh sarang makan hanya membuat kondisi menjadi rumit. Anda sangat membutuhkan pendengar setia yang dapat mendukung Anda selama proses penyembuhan patah hati.
  11. Menghargai Diri Sendiri, hargailah diri Anda sendiri dan jangan merasa rendah hati. Hadapilah setiap hal yang terjadi selama proses patah hati dengan kuat dan tabah.

Baca juga: [Manfaat Lari di Setiap Pagi] dan [Gejala Mata Minus]

You Might Also Like

8 komentar

  1. saya ngga setuju jangan buru-buru cari yang baru, justru itu yang akan memudahkan melupakan dan hidup ini kan harus segera berlanjut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang pendapat orang beda-beda mang, tapi kalo saya khususnya gitu kalo abis putus cinta suka menyendiri dulu hihihi

      Hapus
  2. belajar menerima : terkadang hal inilah yang sulit untuk dijalani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bener mbak kalo belejar menerima agak sulit tapi iya mau ga mau harus nerima kenyataan.

      Hapus
  3. Putus cinta itu soal yang biasa
    Patah hati bukan sifatnya lelaki
    Sumpah dan janji bukan satu yang pasti
    Alasan hanya jadi tuntutan hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi patah hati adalah salah satu sifatnya wanita.

      Hapus
  4. Jangan sampai cepat rapuh, obatilah sakit hati itu dengan mendekatkan diri kita kepada Ilahi.

    Kebahagiaanya bisa tertunda karena belum waktunya mendapat jodoh yang terbaik menurut pandangan Allah.

    Cara di atas pun, bisa membantu yang lainnya yang sedang galau, makasih ya!

    BalasHapus
  5. setuju tipsnya..hehe
    guee bgt dulu begini..wkwk

    BalasHapus